Pelatihan dan Pengembangan

Pelatihan dan pengembangan adalah usaha yang terencana dari organisasi untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan pegawai.
·         Pelatihan lebih ditekankan pada peningkatan kemampuan untuk melakukan pekerjaan yang spesifik pada saat ini.
·     Pengembangan lebih ditekankan pada peningkatan pengetahuan untuk melakukan pekerjaan di masa yang akan datang.
Pengembangan Vs Pelatihan
·         Pelatihan adalah proses peningkatan kemampuan spesifik karyawan untuk membantu mencapai tujuan organisasi
·         Pengembangan adalah usaha-usaha untuk meningkatkan kemampuan karyawan untuk menghadapi berbagai penugasan di masa yang akan datang

Perbandingan pelatihan dan pengembangan
No
Pembeda
Pelatihan
Pengembangan
1
Fokus
Aspek kemampuan spesifik yg relatif sempit
Aspek kapasitas dalam setiap penugasan
2
Jangka waktu
Pendek
panjang
3
Tujuan
dapat menunaikan pekerjaan saat ini
Dapat menangani berbagai penugasan dimasa yad
4
Hasilnya
Langsung dan cepat
Tidak langsung
5
Pengukuran efektivitas
Penilaian kinerja, analisis biaya, tes kelulusan, sertifikasi
SDM yang siap di tugaskan, promosi
Keunggulan kompetitif


Tujuan pelatihan dan pengembangan
Memperbaiki efektifitas kerja untuk mencapai hasil-hasil kerja yang telah ditetapkan
Meningkatkandayasaingperusahaandanmemperbaiki produktivitas.
Pelatihan

Faktor penyebab perlunya pelatihan :
1.    Kualitas angkatan kerja
2.    Persaingan global
3.    Perubahan cepat dan terus menerus
4.    Masalah alih teknologi
5.    Perubahan demografi

Manfaat Pelatihan :
1.    Pegawai yang baru direkrut belum memahami secara benar bagaimanamelakukan   pekerjaan
2.    Perubahan-perubahan dalam lingkungan kerja dan tenaga kerja
3.    Meningkatkan daya saing perusahaan dan memperbaiki produktivitas
4.    Menyesuaikan dengan peraturan  peraturan yang ada. Misalnya, standarpelaksanaan   pekerjaan yang dikeluarkan oleh asosiasi industri danpemerintah, untuk menjamin kualitas produksi atau keselamatan dankesehatan kerja

Langkah-langkah Pelaksanaan Pelatihan :
1.    Menganalisis kebutuhan pelatihan organisasi, yang sering disebut need analysisatau need           assessment
2.    Menentukan sasaran dan materi program pelatihan
3.    Menentukan metode pelatihan dan prinsip-prinsip belajar yang digunakan

On the Job Training
Dilakukan pada waktu jam kerja berlangsung, baik secara formal maupun informal.
Metode :
·         Job instruction trainingatau latihan instruksi jabatan adalah pelatihanuntuk manajer atau supervisor yang bertindak sebagai pelatih untuk menginstruksikan bagaimana melakukan pekerjaan tertentu dalam proses kerja.
·         Coaching adalah bentuk pelatihan dan pengembangan yang dilakukan di tempat kerja oleh atasan dengan membimbing petugas melakukan pekerjaan secara informal dan tidak terencana.
·         Job rotation adalah program yang direncanakan secara formal dengan cara menugaskan pegawai pada beberapa pekerjaan yang berbeda dan dalam bagian yang berbeda dengan organisasi untuk menambahpengetahuan mengenai pekerjaan.
·         Apprenticeship adalah pelatihan yang mengkombinasikan antara pelajarandi kelas dengan praktek lapangan
         
Off the Job Training
Pelatihan dan pengembangan yang dilakukan secara khusus di luar pekerjaan.
1.    Lecture.
2.    Video presentation.
3.    Vestibule training/simulation.
4.    Role playing.
5.    Case study.
6.    Self study.
7.    Program learning.
8.    Laboratory training.
9.    Action learning.

Prinsip–Prinsip Pelatihan
·         PrinsipPembelajaran(principles of learning)
·         Hubungandengananalisajabatan(relation to job analysis)
·         Motivasi
·         Partisipasi Aktif(active participation)
·         Seleksi Peserta(selection of trainees)
·         Seleksi Pelatih(selection of trainer)
·         Sertifikasi Pelatih(trainer certification)
·         Metode Pelatihan(trainingmethods)
·         Perbedaan individu(individual differences principles)

Tanggung jawab Pelatihan dan PengembanganOval: Karyawan (Minat dan Motivasi)
Pengembangan sumber daya manusia adalah penyiapan manusia ataukaryawan untuk peningkatan kemampuan intelektual yang diperlukanuntuk memikul tanggung jawab lebih tinggi dalam organisasi atauperusahaan.

Komentar

Postingan Populer