Disiplin Kerja
Pembahasan disiplin pegawai dalam Manajemen Sumber Daya Manusia berangkat dari pandangan bahwa tidak ada manusia yang sempurna, luput dari kekhilafan dan kesalahan.Beberapa defenisi tentang disiplin:· Singodimedjo (2002); disiplin adalah sikap kesediaan dan kerelaan seseorang untuk mematuhi dan menaati norma-norma peraturan yg berlaku di sekitarnya. Disiplin sangat diperlukan baik individu ybs maupun oleh organisasi.· Terry (Tohardi 2002); disiplin merupakan alat penggerak karyawan.· Latainer (soediono 1995); disiplin sebagai kekuatan yg berkembang di dalam diri karyawan dan menyebabkan karyawan dapat menyesuaikan diri dengan sukarela pada keputusan, peraturan dan nilai-nilai yang tinggi dari pekerjaan dan perilaku.· Beach (Siagian 2002) disiplin mempunyai 2 pengertian. (1) melibatkan belajar atau mencetak perilaku dengan menerapkan imbalan atau hukuman. (2) hanya bertalian dengan tindakan hukuman terhadap pelaku kesalahan.Faktor-faktor yang mempengaruhi disiplin kerja:a. Besar kecilnya pemberian kompensasi;b. Keteladanan pimpinan dalam perusahaan;c. Aturan pasti yang dapat dijadikan pegangan;d. Keberanian pimpinan dalam mengambil tindakan;e. Pengawasan pimpinan;f. Perhatian kepada para karyawan;g. Diciptakan kebiasaan-kebiasaan yg mendukung tegaknya disiplin.
Komentar
Posting Komentar