Disiplin Kerja

Pembahasan disiplin pegawai dalam Manajemen Sumber Daya Manusia berangkat dari pandangan bahwa tidak ada manusia yang sempurna, luput dari kekhilafan dan kesalahan.Beberapa defenisi tentang disiplin:·      Singodimedjo (2002); disiplin adalah sikap kesediaan dan kerelaan seseorang untuk mematuhi dan menaati norma-norma peraturan yg berlaku di sekitarnya. Disiplin sangat diperlukan baik individu ybs maupun oleh organisasi.·      Terry (Tohardi 2002); disiplin merupakan alat penggerak karyawan.·      Latainer (soediono 1995); disiplin sebagai kekuatan yg berkembang di dalam diri karyawan dan menyebabkan karyawan dapat menyesuaikan diri dengan sukarela pada keputusan, peraturan dan nilai-nilai yang tinggi dari pekerjaan dan perilaku.·      Beach (Siagian 2002) disiplin mempunyai 2 pengertian. (1) melibatkan belajar atau mencetak perilaku dengan menerapkan imbalan atau hukuman. (2) hanya bertalian dengan tindakan hukuman terhadap pelaku kesalahan.Faktor-faktor yang mempengaruhi disiplin kerja:a.    Besar kecilnya pemberian kompensasi;b.    Keteladanan pimpinan dalam perusahaan;c.    Aturan pasti yang dapat dijadikan pegangan;d.    Keberanian pimpinan dalam mengambil tindakan;e.    Pengawasan pimpinan;f.     Perhatian kepada para karyawan;g.    Diciptakan kebiasaan-kebiasaan yg mendukung tegaknya disiplin.

Komentar

Postingan Populer