Motivasi

Motivasi merupakan salah satu fungsi manajemen berupa pemberian inspirasi, semangat dan dorongan kepada bawahan, agar bawahan melakukan kegiatan secara suka rela sesuai apa yang diinginkan oleh atasan. Motivasi adalah keadaan dalam pribadi seseorang yang mendorong individu untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu guna mencapai tujuan. Berikut adalah beberapa teori yang paling dikenal dewasa ini :1.    Teori Abraham Maslow; orang memiliki lima tingkat kebutuhan yang makin lama makin tinggi yang dinamakan :·         psikologis,·         keamanan,·         social,·         kepercayaan diri,·         aktualisasi diri.2.    Teori Clayton Alderfer; teori Alderfer dikenal dengan akronim “ERG” yang merupakan huruf2 pertama dari 3 istilah :E = Existence (keberadaan)R = relatedness (pergaulan)G = Growth (pertumbuhan)3.    Teori Keadilan; inti dari teori ini terletak pada pandangan bahwa manusia terdorong untuk menghilangkan kesenjangan antara usaha yang dibuat bagi kepentingan organisasi dan imbalan yang diterima.4.    Teori penguatan dan modifikasi perilaku; berkaitan dengan teori ini dalam hal ini berlakulah apa yg dikenal dengan “hukum pengaruh” yg menyatakan bahwa manusia cenderung untuk mengulangi perilaku yg mempunyai konsekuensi yg menguntungkan dirinya dan mengelakkan perlaku yg mengakibatkan timbulnya konsekuensi yg merugikan.5.    Teori 2 faktor - Frederic Herzberg merupakan pengembangan dari teori Maslow, dia membagi hierarki Maslow menjadi kebutuhan tingkat rendah (psikologis, keamanan, dan social), dan kebutuhan tingkat tinggi (kepercayaan diri dan aktualisasi diri). Teori dua factor yaitu factor hygiene dan factor motivasi.6.    Teori Harapan - Victor H.Vroom; motivasi seseorang untuk mengupayakan usaha-usaha dalam tingkat tertentu adalah fungsi dari tiga hal :a.    Harapan (expectancy);b.    Pendekatan psikologis (instrumentality);c.    Interaksi emosional (valence);7.  McClelland,  Dalam studi motivasi Mc. Clelland mengemukakakan tiga macam kebutuhan :·         Kebutuhan untuk berprestasi (need of achievement)·         Kebutuhan untuk berafiliasi (need of afiliation)·         Kebutuhan untuk kekuasaan (need of power)8.    Teori kaitan imbalan dan prestasi; bertitik tolak dari pandangan bahwa tidak ada satu model teori yg sempurna dalam arti masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.Menurut model ini, motivasi seorang karyawan sangat dipengaruhi oleh berbagai factor, baik yg bersifat internal maupun eksternal. Termasuk faktor2 internal yaitu:o   Persepsi seseorang mengenai diri sendiri;o   Harga diri,o   Harapan pribadi,o   Kebutuhan,o   Keinginan,o   Kepuasan kerja,o   Prestasi kerja.aSedangkan faktor2 eksternal yg turut mempengaruhi antara lain: jenis dan sifat pekerjaan, tim kerja, organisasi tempat bekerja, situasi lingkungan, system imbalan.

Komentar

Postingan Populer